Loading...

Dokter Islam di Inggris Keluarkan Peringatan kepada Umat Muslim: Konspirasi Cov-19 Menyebar Seperti Api

 



Seorang dokter Islam yang bekerja di garis depan Inggris memperingatkan kepada komunitas Muslim di negaranya untuk mengabaikan teori konspirasi Covid-19.

Dr. Sharjeel Zafar Kiani mengatakan teori konspirasi menyebar cepat seperti api.

Ia juga mengatakan telah menyaksikan secara langsung tekanan yang dialami rumah sakit Inggris. Dr.Kiani menambahkan beberapa kesalahan itu terletak pada kesalahan informasi dan teori konspirasi yang telah berkembang sejak virus corona pertama kali muncul.

"Sangat membuat frustasi melihat berapa banyak teori konspirasi di media sosial. Teori konspirasi tampaknya telah menyebar seperti api," kata Dr.Kiani, seperti dikutip dari Arab News, Selasa, 2 Februari 2021.

Masalah penting dalam komunitas Muslim Inggris adalah mitos yang berkali-kali dibantah oleh berbagai sumber bahwa vaksin Pfizer/BioNTech mengandung produk hewani yang membuatnya tidak diperbolehkan secara agama.

Dr.Kiani mengatakan oknum tersebut terus mengulangi klaim ini dan mempermainkan kecemasan dan ketakutan orang-orang, serta ketidakpercayaan orang-orang terhadap industri farmasi dan ilmu kedokteran.

“Teori konspirasi, bersama dengan informasi hoaks, menyebabkan kerugian karena ada anggota masyarakat yang sangat rentan yang membutuhkan vaksin ini. Dalam hal komunitas Muslim, saya akan meminta orang untuk mendengarkan para ahli di bidangnya," kata dia.

Menurut data British Islamic Medical Society, Covid-19 telah mempengaruhi komunitas Muslim Inggris secara tidak proporsional.

Dikatakan ada alasan yang kompleks untuk ini, di antaranya fakta bahwa Muslim Inggris cenderung lebih 'ragu-ragu terhadap vaksin' daripada populasi yang lebih luas.

Sementara, sebagian lainnya karena penyebaran informasi yang salah seputar dibolehkannya vaksin dalam Islam.

Masalah ini tidak luput dari perhatian di antara para pemimpin komunitas Muslim-Inggris.

Pekan lalu, kepala di salah satu masjid terbesar di Birmingham, Masjid Green Lane, mengatakan kepada Arab News bahwa pihaknya mendorong jemaahnya untuk mengambil vaksin dan mendengarkan nasihat dari para profesional medis.

Sebelumnya pada bulan Januari 2021, para imam di seluruh Inggris menyampaikan khotbah Jumat yang membahas teori konspirasi, dan menjelaskan bahwa melindungi kehidupan dengan menerima vaksin adalah yang paling penting dalam Islam.***


0 Response to "Dokter Islam di Inggris Keluarkan Peringatan kepada Umat Muslim: Konspirasi Cov-19 Menyebar Seperti Api"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.